Miss Moody

Kamis, 19 Februari 2009
Ngomongin soal remaja emang ga pernah ada habisnya, terlalu banyak hal yang menarik dalam kehidupan remaja yang sulit buat dilewatin.

Mulai dari masalah sekolah, keluarga, teman, sahabat, pacar, sampai masalah perubahan mood yang ga jarang sering menimbulkan masalah lain.

Untuk usia remaja, perubahan mood yang tiba-tiba atau bahasa kerennya moody emang wajar. Aku pernah baca tentang itu di salah satu artikel.

Tapi jangan mentang-mentang wajar kita jadi nyepelein masalah moody itu tadi. Seringkali 'penyakit' moody ini bikin kita jadi bertengkar dengan teman, keluarga, atau pacar.

Misalnya,

"Ayi kelihatan seneng banget hari ini sampai temen-temennya heran liat si Ayi sampe nyapa semua orang waktu baru nyampe di sekolah. Tapi pas jam pelajaran udah selesai kok dia malah jadi bete gitu. Dilla yang duduk di sebelahnya aja kena semprot waktu minjem catatan Biologi. Dilla yang ngerasa ga salah apa-apa jadi ikutan marah-marah ga jelas dan akhirnya mereka ga teguran sampai jam sekolah selesai."

Tuh, ribet kan kalau udah kayak gitu?
Sebenernya Ayi itu berubah moodnya bukan tanpa alasan, pasti ada satu penyebab yang bikin moodnya berubah drastis.

Misalnya ngantuk, capek, bete sama gurunya, atau mikirin sesuatu yang bikin dia bete. Tapi yang paling parah itu, karena memang dia yang merubah moodnya.

Maksudnya, tanpa dia sadari dia sendiri yang nyari-nyari rasa bosen itu dengan cara ngeluh terus kayak ngomong 'bete ihh..' atau 'aduhh... ko jadi bete yaaa?'.

Coba deh sekali-sekali ga ngucapin kata-kata yang menjurus ke arah mengeluh. Kalo emang pelajarannya ngebetein, kenapa harus ngeluh?

Banyak kok cara yang bisa dipakai buat ngilangin bete. Bayangin aja kalo yang ngajar itu Justin Timberlake dengan gaya dance nya yang keren atau Ben Stiller dengan gaya konyolnya.

Kalo ga ngaruh juga, ya cukup inget kalo sebentar lagi pelajaran guru boring ini berakhir sekalipun masih 2 jam pelajaran lagi. Ga mungkin kan dia ngajar di kelas seumur hidup? ;)

Tapi kali emang bener-bener ga bisa berhenti ngeluh, berarti yang perlu dilakuin itu ngontrol emosi. Jangan sampai orang yang ga ada salah apa-apa kena semprot gara-gara mood kita lagi ga bagus.

Kalo temen udah mulai ngusilin, bilang ke dia kalo mood kita lagi ga bagus tapi jangan marah-marah bilangnya soalnya teriak-teriak atau marah-marah ga jelas itu justru bikin mood tambah buruk karena capek.

Jadi sebenernya, perubahan mood itu ga mesti terjadi dengan sendirinya kok. Kita bisa aja ngubah mood semau kita. Tapiiii... yang perlu diinget, kita juga harus bisa ngontrol perubahan mood itu kalo ga mau mood yang ngontrol kita.

;)

0 comments:

Posting Komentar