Grow Old?

Jumat, 20 Februari 2009
Besok tanggal 22 februari, dan itu berarti adalah hari ulang tahunku yang ke 17. Yaa.. udah 17 tahun aku hidup di dunia dan sekarang aku jadi takut.

Sebenernya aku memang ga pengen jadi tua, aku ga pengen ninggalin masa remajaku. Pasti ga cuma aku aja deh yang mikir kayak gitu.

Bayangin aja deh, hari ini kita semua masih tinggal bareng ortu, masih dianggap belum ngerti apa-apa, masih bisa bangun pagi-pagi dengan tujuan ke sekolah yang berarti ketemu temen, dan yang paling penting tanggung jawab kita ga terlalu besar.

Tapi pas kita buka mata tiba-tiba semuanya terasa beda, semuanya lebih teratur, ga ada lagi hari sekolah, ga ada lagi saat dimana kita bebas berekspresi, dan semua hal dilakuin dengan penuh tanggung jawab.

Bukan berarti jadi remaja itu ga punya tanggung jawab. Tapi coba pikir deh, seringkali setiap kita ngelakuin kesalahan terutama kesalahan fatal yang pertama kali ada dipikiran orang adalah 'gimana sih cara orang tuanya mendidik anak?' ya kan?? Semuanya tanggung jawab orang tua.

Belum lagi harus menjalani aktivitas sebagai orang dewasa, semuanya serba harus jelas seolah-olah kehidupan kita sudah diatur.

Dan hal yang paling aku takutin buat menjadi dewasa adalah ga ada lagi kehidupan sekolah! Aku cinta banget sama sekolah. Banyak keunikan yang aku tau ada tapi belum aku rasain dan jangan sampai aku ga ngerasain sama sekali.

Tapi semua ketakutan berubah waktu aku baca kalimat ini di iklan yang ga sengaja aku liat sebuah baliho. Kalimatnya kayak gini

"Tua itu pasti tetapi menjadi dewasa itu sebuah pilihan"

Singkat tapi padat, 9 kalimat itu juga yang akhirnya bikin aku sadar kalau inilah hidup. Setiap saat manusia tumbuh dan berkembang, siapa pun dan dimana pun manusia tersebut berada.

Tetapi ga semua dari manusia itu bisa menerima pertumbuhan mereka. Ga semuadari mereka bisa menyadari kehidupan apa yang lagi dia jalani.

Ya kayak aku gini. Setiap saat aku merasa aku itu seorang yang bebas, seseorang yang bisa ngelakuin apa aja yang aku mau tanpa takut akan tanggung jawab karena aku ngerasa bukan aku yang harus bertanggung jawab tapi orang tuaku.

Dan sekarang aku baru mikir sebenernya aku punya satu tanggung jawab, cuma satu tanggung jawab yaitu "Jangan pernah ngecewain orang tua".

Dengan menjalani satu tanggung jawab itu aku udah jadi seseorang yang lebih dewasa walaupun aku masih muda. Itu dia yang dimaksud sama 9 kalimat tadi, kapanpun kita mau kita bisa jadi remaja ataupun dewasa, kita bisa jadi orang yang bertanggung jawab ataupun ga. Semua pilihan ada ditangan kita sendiri.

Jadi mulai sekarang aku ga akan takut lagi menjadi tua, Don't live if you don't wanna grow up. Karena jadi tumbuh dan berkembang ga akan menghalangi aku jadi apapun yang aku mau. Semuanya adalah PILIHAN!!! :)

3 comments:

Ratusya mengatakan...

mampir sis. duuuhhh blognya cute banget :). besok ultah ya? met ultaaahhh dear! ga usah takut jadi tua seperti sayah, xixixi... karena hidup mengajarkan banyak hal yang tentang PILIHAN :). Keep blogging ya :) Jiayooo

pejalanrasa mengatakan...

met ultah sist !sori telat bgt .
lagi buka blog nihh .

semoga jalan bercabang yg memberimu sejuta pilihan selalu memberikan inspirasi untukmu memilih jalan yg terbaik .
yakin deh, rencana Yg di Atas pasti selalu lebih indah dari angan^ indah kita sendiri .

Semangat selalu !

Olivia Fuller mengatakan...

thanks for the comment :)
and yes, being lonely isn't any fun. i wish i could read your blog, but i don't know how to translate it :/

Posting Komentar