Apa itu SUKSES???

Sabtu, 25 April 2009
Suatu malam, aku ngobrol-ngobrol sama keluargaku. Awalnya cuma ngbrol tentang hal-hal biasa, tapi tiba-tiba obrolan berubah jadi sedikit serius waktu kakakku yang cowok nanya "Gimana sih ciri-ciri orang yang sukses itu?"
berbagai jawaban didapat, kakakku yang cewek bilang "Sukses itu kalau dia udah berhasil mencapai semua yang orang itu pengenin."
Mamaku bilang "Orang tersebut sukses kalau dia bisa berbakti sama orang tuanya"
Ayahku bilang "Kalo orang tersebut bisa menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhirat"

Dan aku sendiri cuma diam, aku sedikit kaget dengan pertanyaan itu. Sebelumnya aku hampir ga pernah mikirin tentang Sampai dimana kira-kira aku bakal sadar kalo aku udah sukses. Selama ini aku cuma berpikir tentang bagaimana cara menjadi sukses.
Aku terus-terusan kepikiran tentang pertanyaan kakakku itu. Ada banyak jawaban yang aku dapat selama memikirkan tentang hal ini kayak,

"Sukses kalau orang tersebut Pintar", karena jelas orang yang pinter bisa ngelakuin sesuatu dengan mudah tapi mama bilang orang pinter ga selalu berguna dan kebanyakan sombong.
"Sukses kalau kaya", karena bisa mendapatkan apa yang dia mau kenyataannya keluarga seseorang yang kukenal malah hancur karena kekayaan.
"Sukses kalau dia pekerja keras", karena orang tersebut bisa berusaha mendapatkan semua yang dia inginkan tapi bekerja terlalu keras malah bikin seseorang lupa sama diri sendiri.
"Sukses kalau orang tersebut merasa sukses". awalnya aku kira inilah jawaban yang aku cari karena emang cuma orang itu sendiri yang bisa jadi indikator sukses atau enggaknya dia. Tapi setelah aku pikir-pikir lagi, ternyata jawaban ini masih belum tepat. Manusia adalah makhluk yang selalu ngerasa kurang atau tidak pernah puas. Kalo indikatornya diri manusia itu sendiri, jelas sedikit manusia yang sukses didunia ini.

Aku nyerah dengan semua pikiran-pikiranku karena aku yakin aku ga bakal nemu jawaban yang sangat tepat karena manusia ga ada yang sempurna.

Yang aku sadari dari semuanya adalah menjadi sukses, sukses seperti apapun adalah hal yang mudah. Tapi jadi orang sukses yang BERGUNA buat banyak orang adalah hal yang sangat sulit buat dicapai bahkan aku sendiri ga yakin kalo aku bisa jadi orang sukses yang berguna buat orang lain, bukan cuma sukses buat diri sendiri!

2 comments:

pejalanrasa mengatakan...

sukses itu ..
saat kita menyadari bahwa hidup itu sebuah proses, jadi ga ada yang namanya puncak .
soalnya kalo udah puncak, berarti kita berhenti-lalu mati- .
so, syukuri apa yang telah didapati dari usaha maksimal, itulah sejatinya kesuksesan .

-mari berbagi-

Fei mengatakan...

sukses itu ketika kita bisa menghasilkan karya dengan k erja keras, sukses itu ketika orang-orang bisa tersenyum melihat apa yang telah kita buat, sukses itu ketika kita merasa nyaman dengan diri kita, sukses itu ketika kita bisa berdiri diatas kaki kita sendiri.

sukses itu maknanya luas

kita sama2 anak kaltim rupanya, cuma sekarang lagi merantau di di jakarta, hehehehe...main2 ke blog gue yah kawan

Posting Komentar